7 Cara Agar Rumah Anda Mudah Terjual

7 Cara Agar Rumah Anda Mudah Terjual

7 Cara Agar Rumah Anda Mudah Terjual

Halo sobat ketemu lagi di Properti Mantap, kali ini kami akan memberikan 7 tentang bagaimana agar rumah Anda Mudah terjual. Yup, ini kami berikan berdasarkan pengalaman kami selama bertahun-tahun membantu para customer kami dalam menjual propertinya.

Bahkan Agar Rumah Anda Mudah terjual ini juga kami ramu dengan dasar diskusi serta data-data di lapangan yang tentunya amat sayang jika Anda lewatkan.

Jadi, apa sajakah Cara agar Rumah Anda mudah terjual? Yuk langsung saja kita tuliskan dalam artikel ini.

1. Berikan harga yang realistis

Cara atau tips pertama agar Rumah Anda mudah terjual adalah dengan memberikan harga yang realistis. Yup, berikan harga yang realistis.

Saya ngerti, kalau mungkin Anda memiliki cita-cita atau target yang Ingin Anda wujudkan selepas rumah Anda terjual. Apakah itu pergi Haji, menyekolahkan Anak di tempat terbaik, atau membeli properti lainnya di tempat yang Anda sukai.

Tapi itu semua tentu harus realistis dan masuk logika. Realistis dalam arti kita tidak mematok harga seenak udel kita. Tapi kita sebelum menentukan harga harus mengetahui terlebih dahulu pasaran harga rumah disekitar kita.

Kita pahami harga kanan dan kiri kita serta depan dan belakang rumah kita. Buat harga tersebut jadi patokan dan dicatat. Serta kita juga harus mengetahui berapa harga tanah ditempat rumah kita yang rencananya akan dijual.

Upayakan harga kita mungkin plus minus 10 persen lebih murah atau maksimal 10 persen lebih tinggi dibandingkan dengan sekitar kita.

Kenapa harus begitu? Karena tentu saat orang akan membeli rumah kita, sang pembeli juga akan melakukan hal yang sama. Calon pembeli akan meneliti nilai pasaran sekitar rumah kita, lalu akan mulai membandingkan harga rumah yang kita jual dengan rumah sekitar.

Kalau menentukan harga yang pas Anda rasa cukup sulit bagi Anda yang sibuk, Mungkin Anda bisa meminta bantuan Agen properti profesional untuk membantu Anda dalam menentukan harga yang terbaik dan realistis sehingga rumah Anda bisa dengan lebih mudah terjual.

2. Jujur Tentang Kondisi Rumah

Hal yang kedua, yang bisa membuat Rumah Anda Lebih mudah terjual adalah dengan menjadi jujur tentang kondisi rumah Anda. Jujur disini bukan berarti Anda harus Curhat tentang segala aspek hidup, keluarga dan lain-lain. Tapi Jujur tentang segala hal yang berkaitan dengan Properti Rumah yang hendak Anda Jual.

Jelaskan kepada Calon Pembeli ataupun Agen Properti Profesional, tentang Luas Bangunan dan Luas Tanah dari Rumah Anda. Jelaskan pula kelengkapan surat-surat dari Rumah yang Hendak Anda jual.

Pastikan semua surat tersebut lengkap dan On Hand (Anda memegangnya).
Jika ada bagian Rumah yang rusak parah, tentu Anda juga harus menyampaikannya pada Calon

Pembeli atau pada Agen Properti agar jika nanti rumah kita terjual tidak ada tuntutan macam-macam dari pembeli.

Selain itu, berkah dari Transaksi penjualan rumah yang kita lakukan juga akan membuat uang yang kita dapatkan dari hasil menjual rumah jadi jauh lebih bermanfaat.

3. Pastikan Surat-Surat Rumah Lengkap

 

Pastikan Surat-Surat Rumah Lengkap

Hal ketiga yang membuat Rumah Anda lebih mudah terjual adalah dengan melengkapi segala Surat-surat legal terkait dengan rumah yang Anda hendak jual. Pastikan surat surat tersebut benar atas nama Anda selaku penjual, dan benar-benar berada di tangan Anda.

Surat-surat rumah yang tidak lengkap dapat menghambat terjualnya rumah Anda dan bahkan bisa membuat reputasi Anda dicap kurang baik oleh pembeli ataupun agen properti yang berusaha membantu Anda.

Sertifikat hak Milik, Izin Mendirikan bangunan, Akta Jual beli, Bukti Pembayaran PBB, serta bukti pembayaran rekening listrik dan lainnya adalah beberapa surat-surat yang wajib Anda miliki ketika hendak menjual Properti rumah yang Anda miliki, terutuma jika rumah yang hendak Anda jual berada pada lokasi premium dimana Calon pembeli yang hendak membeli rumah Anda pastilah dari kalangan orang-orang yang terpelajar dan tahu hukum.

Read Also : 6 Ciri Properti Calon Sengketa

4. Sudah ada persetujuan dari Pasangan atau Ahli Waris yang lain

Menjual Rumah sangat berbeda dengan menjual benda lainnya seperti Rumah ataupun saham. Menjual rumah memiliki keunikan tersendiri, dimana ketika kita menjual rumah maka keluarga kita terdekat dalam hal ini adalah Suami atau Istri, juga harus menyetujui penjualan yang kita lakukan.

Hal ini dikarenakan rumah adalah salah satu Aset yang akan masuk dalam daftar harta Gono-gini bagi pasangan suami istri, sehingga proses jual belinya haruslah dalam sepengatahuan pasangan yang Sah.

Sering terjadi masalah ketika properti dijual tanpa sepengatahuan pasangan yang sah, dimana ternyata ada tuntutan yang berbuntut panjang dari salah satu pihak ataupun keluarganya.

Dan tentunya saya Yakin Anda selaku penjual tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada diri Anda maupun pembeli, betul?

Dan juga penting untuk rumah yang ternyata masih dimiliki oleh sanak saudara yang sudah meninggal dunia untuk memiliki surat keterangan warisan ataupun pecah waris dari pengacara ataupun orang yang ditunjuk untuk mengurusi warisan tersebut. Dan tentu saja hal ini juga untuk menjamin kemanan dan ketenangan dari transaksi properti yang hendak Anda lakukan agar jangan sampai ketika properti Anda terjual, di kemudian hari timbul perselisihan antara Anda dan keluarga.

5. Bekerja sama dengan Agent Properti yang Handal

Cara atau tips selanjutnya untuk menbuat Properti Anda mudah terjual adalah bekerja sama dengan Agen Properti yang handal, terpercaya serta berpengalaman. Kenapa harus bekerja sama dengan dengan Agen properti? Berikut adalah alasannya :
a. Telah memiliki database Customer/Pembeli
b. Berpengalaman dalam menjual properti
c. Mengetahui rincian kegiatan yang perlu dilakukan untuk Menjual Properti
d. Telah bekerja sama dengan Notaris dan Pihak lain terkait pengurusan surat-surat legal
e. Memiliki informasi terkait harga pasaran dan harga terbaik untuk membuat Properti Anda terjual
f. Anda menjadi lebih tenang, karena nomor Pribadi Anda tetap aman dan tidak akan tersebar luas dikalangan para agen properti ataupun orang-orang yang kurang bertanggung jawab.
g. Gengsi Anda tidak berkurang, karena para tetatangga tidak mengetahui bahwa rumah Anda sedang dijual.
h. Dan lain sebagainya yang asliny akan banyak sekali jika saya tuliskan disini hingga mungkin Anda juga akan lelah membaca tips cara menjual rumah.

6. Mudah dalam Survey dengan Calon Pembeli

Mudah dalam Survey dengan Calon Pembeli

Hal keenam yang membuat Properti Rumah Anda menjadi lebih mudah terjual adalah kemudahan dalam survey untuk calon Pembeli.

Calon pembeli yang serius tentu saja akan menyempatkan waktu untuk melihat properti yang hendak dibeli, oleh karenanya kita harus senantiasa juga turut menyempatkan waktu untuk dapat mengantar calon pembeli melihat properti yang hendak kita jual.

Namun adakalanya kita sibuk, sehingga tidak bisa menemani calon pembeli dalam melakukan survey. Jika hal tersebut yang terjadi, maka saya sarankan Anda untuk menjual properti rumah kesayangan anda lewat Agen Properti.

Hal ini untuk membuat proses survey rumah dilakaukan dengan lebih mudah dan tidak merepotkan Anda selaku pemilik rumah. Karena para agen properti profesional sudah tentu akan menyempatkan diri pada waktu yang cepat untuk dapat menemani calon pembeli dan juga menyampaikan kepada mereka informasi-informasi yang dapat mendukung terjadinya proses penjualan rumah Anda.

Read Also : Tips Rumah Selalu Bersih Bagi Anak 9 Tahun

Hal ini tentu lebih baik dibandingkan menitipkan kunci pada tetangga ataupun satpam komplek, karena bisa jadi survey calon pembeli akan merepotkan mereka, dan mereka tentu tidak memiliki bekal marketing yang cukup gua mendukung terjadinya closing,

7. Berhubungan Baik dengan Tetangga dan Pengelola Lingkungan

Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya dalam menunjang kecepatan penjualan properti rumah yang Anda miliki adalah hubungan baik Antara Anda dengan tetangga anda.

Ada salah satu Rule ataupun hukum penjualan properti yang selalu saya ingat adalah “Pembeli paling potensial dari suatu properti adalah tetangga Anda sendiri”

Kenapa tetangga adalah pembeli potensial? Karena tetangga rumah yang hendak kita jual pada dasarnya telah mengetahui keunggunlan dari lokasi properti tersebut dan dia juga tidak perlu diberikan penjelasan lebih jauh tentang lingkungan tempat proerti tersebut dijual karena tentu saja dia tinggal di lingkungan yang sama.

Oleh karenanya penting sekali bagi Anda yang hendak menjual propertinya untuk memnajlin hubungan yang baik antara Anda dengan tetangga. Karena pada dasarnya tetangga Anda, adalah saudara yang terdekat sekaligus customer yang termudah.

Banner Properti

Demikianlah 7 Cara atau Tips yang bisa membantu Anda dalam menjual properti rumah Anda. Saya harap kita dapat bertemu lagi dalam artikel ataupun video yang selanjutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Compare